Kebijakan Kurikulum
Kebijakan tentang kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dirumuskan sesuai SK Rektor UMA No:1456/R.07/XII/2005, sebagai penyempurnaan kurikulum tahun 2004 yang mengintegrasikan pendidikan berkepribadian dalam kurikulum. Pascasarjana senantiasa melakukan penyesuaian isi kurikulum dengan kebutuhan tuntutan masyarakat dan dunia kerja. Pengembangan kurikulum Pascasarjana dilakukan melalui ketetapan Senat dengan SK No:022/S-UMA/VII/2013 dan relevansinya dengan Perpres No.08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Program studi di Pascasarjana menyusun kurikulum dengan melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal dalam rangka mengakomodasi aspek-aspek:

  • Fungsi dan tujuan pendidikan
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
  • Kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders)
  • Penguasaan inovasi IPTEKS dan keterampilan
  • Perkembangan norma dan eika akademik
  • Integrasi dan internalisasi nilai-nilai akhlaqulkarimah. Perkembangan IPTEKS bersumber dari hasil-hasil pertemuan ilmiah, himpunan profesi seperti HIMPSI, IKAHI, EROPA, Asosiasi Penyelenggaraan Program Magister, dan lain-lain.
Sistem Perkuliahan
Perkuliahan di Program studi Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Medan Area dilaksanakan berdasarkan Sistem Kredit Semester. Struktur kurikulum Magister Ilmu Administrasi Publik memiliki bobot 42 sks yang dilaksanakan dalam masa 4 (empat) semester.

Pengembangan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan penulisan tesis ditunjang oleh pengembangan dasar-dasar keilmuan di bidang ilmu administrasi publik dan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian. Hal ini diterapkan melalui mata kuliah Teori Administrasi Publik, Filsafat Administrasi Publik, Sosiologi Administrasi Publik, dan Metodologi Penelitian Administrasi Publik yang diberikan di Semester 1. Sementara itu, mulai Semester 2, mahasiswa mengikuti perkuliahan dengan materi-materi perkuliahan yang berhubungan dengan implementasi ilmu administrasi publik dalam kehidupan masyarakat, terutama di bidang bisnis. Kemampuan ini ditunjang dengan mata kuliah pilihan di bidang pidana, yang memembantu mahasiswa untuk melakukan kemampuan analisis terkait bidang ilmu administrasi publik.

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan metode student centered learningyang memuat tugas-tugas terstruktur sebagai syarat kelulusan mata kuliah dalam bentuk telaah literatur dan penulisan karya ilmiah. Tugas-tugas terstruktur ini menunjang keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian tesis sesuai dengan kompetensi mahasiswa dengan tujuan agar penelitian tesis dapat diselesaikan tepat waktu.